Rabu, 28 Maret 2012

Running Man (Variety Show KOrea)



 

Running Man (RM) adalah sebuah game variety show yang ditayangkan di channel SBS di Korsel setiap hari minggu. RM merupakan bagian dari acara Good Sunday di channel yang sama & pertama kali ditayangkan pada tanggal 11 Juli 2010. Konsep acarany sendiri dari staf RM akan mengadakan beberapa games atau misi yang dimainkan baik secara grup atau individual oleh Member RM. Yang dimaksud member RM adalah 9 orang yang difoto tsb (sekarang hanya ada 7 orang karena 2 member, Song Joong Ki and Lizzy udah keluar karena sibuk dengan akting dan nyanyi). Itu adalah member tetapny.. sebagian besar episodeny biasany ada bintang tamuny (tidak selalu kadang game antar member RM aja). Bintang tamu yang dateng biasany selebritis seperti anggota girlband, boyband, aktor, komedian, penyanyi yg lagi promosi lagu, film or yg lagi tenar.

Yang menarik dari acara ini tuh ialah di tiap episodenya RM mengambil settingan tempat di landmark-landmark terkenal atau khas dari Korsel itu sendiri, seperti di museum, kantor pos, stasiun kereta, taman bermain, mall, aquarium, stadion sepakbola, bukan hanya di Seoul .. mereka juga ke kota2 di korsel seperti Busan, pulau Jeju hingga ke luar negeri (sejauh ini mereka sudah ke Thailand, China mainland, Hongkong).

Misi-misi atau game yang dimainkan di Running Man biasanya bervariasi. Di episode-episode awal biasanya program Running Man diisi dengan game-game kecil dan Race Mission. Race Mission ini yang paling sering dimainkan di RM. Biasanya berupa petak umpet/hide-and-seek (ada tim yang sembunyi dan harus menemukan kode (mission team) dan 1 lagi tim yang menangkap mission team dalam waktu yang ditentukan) atau kejar-kejaran untuk mendapatkan name tag lawan yang ditempel di bagian belakang bajuny. Member yang name tag-nya diambil akan masuk penjara dan dilarang main selama game berlangsung. Ada juga Challenge 1 vs X, dimana beberapa orang akan mengerjai salah satu individu atau kebalikannya. Mereka yang memenangkan game-game ini akan mendapatkan Running Ball yang dibutuhkan untuk menentukan pemenang di episode tersebut.
Sementara di episode-episode berikutnya Race Mission diganti dengan misi Find the Guests (game untuk menemukan bintang tamu yang bersembunyi di landmark). Terkadang selama game berlangsung ada 1 atau 2 member yang diberi misi tambahan untuk menjadi mata-mata/spy atau diminta mencabut name tag member tim tertentu. Sehingga sekarang ada konsep trust & betrayal pada gameny.. Bisa dibilang game di RM ini dinamis karena ada game yang tidak dimainkan lagi atau diubah sedikit konsepnya supaya penonton tidak bosen.. Game2 yang dimainkan pun selaen menegangkan terkadang mengocok perut juga.. Contohny aja ada game dimana mereka dikasih minum jus jeruk nipis.. Jadi masing2 orang disuruh melemparkan dadu gabus gede untuk menentukan berapa buah jeruk nipis yang harus diperas di gelasny..Jadi kalo daduny nunjukin angka 5 ya ada 5 buah jeruk nipis yang mesti dia minum.. setelahny akan ditambahkan gula pada masing2 gelas.. Tapi bukan RM namanya kalo gak ngerjain memberny.. Jadi dari stafny nyediain kotak2 tertutup yang diberi nomor.. setiap orang disuruh milih nomor itu.. Rupany isiny adalah peralatan untuk menyendokin gula ke dalam jus jeruk nipis tsb.. Tapi isi di dalam kotakny aneh2.. ada member yang "hanya" mendapat 1 jeruk nipis tapi dapat sesendok sup gula and ada member yang mendapat 3-5 jeruk nipis dapat korek kuping ato tusuk gigi buat nyendokin gulany.. haha.. kebayang donk muka sepet mereka masing2 :D

Selaen settingan tempat, format game yang dimaenkan yang membuat RM ini banyak digemari juga karena karakter masing2 memberny. Member-member yang terlibat masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan yang membuat mereka menjadi lovable.

1. Yoo Jae Suk (di foto pria berkacamata kedua dari kiri)
Jae Suk sangat ahli dalam melarikan diri dan cerdas sehingga namany sering disebut Yooruce Willis (pelesetan dari Bruce Willis). Sebagai main MC Yoo Jae Suk pinter mencairkan suasana dan suka mencetuskan komentar-komentar konyol. Selain Yoo-ruce Willis, sebutannya yang lain ialah Yoo Hyuk, Grasshopper, dan Yoo-mes Bond (pelesetan dari James Bond).

2. Ji Suk Jin (di foto pria berkacamata kedua dari kiri)
Merupakan member yang paling tua diantara member tetap RM lainnya. Dia dikenal sebagai Big Nose Older Brother karena hidungnya yang besar. Dia juga dianggap sebagai yang paling lemah dan mudah ditangkap saat race mission atau game hide-and-seek.

3. Kim Jong Kook (di foto pria paling ujung kanan deretan belakang)
KJK dijuluki Sparta-Kook-s (pelesetan dari Spartacus) karena merupakan member yang paling kuat (physically). Selain kuat, dia juga pintar dan cepat membaca situasi.

4. Kang Gary (Cowok bertopi yang diapit 2 cewek)
Gary punya sifat yang polos banget, paling gak bisa bohong dan sering diusili oleh member lainnya (bahkan dia kadang ga nyadar kalau lagi diisengin). Sebutan lainnya untuk Gary adalah Ga-colas Cage (pelesetan dari Nicolas Cage).

5. Haha (cow bertopi earflap di ujung kanan bawah)
Haha ini juga mempunyai kemampuan mencairkan suasana. Karakternya suka liat cewek cantik.. Jadi setiap ada guest selebritis cantik di RM dia selalu menyatakan cinta ke selebritis itu sebagai last lovenya.. Sebutan untuk Haha ialah Haroro (karena penampilannya mirip tokoh kartun Pororo the Little Penguin) dan Ha-rad Pitt (pelesetan dari Brad Pitt).

6. Song Ji Hyo (cewek yang di ujung kiri)
Awalnya Song Ji Hyo main di RM hanya sebagai guest (di episode 2-5) dan menjadi member tetap setelah episode 6. Di RM dia dikenal dengan sebutan Mong Ji Hyo (멍지효) yang artinya “bingung/linglung” karena ekspresi wajahnya sering menyiratkan dia nampak kebingungan. Disebut juga sebagai Ace Ji Hyo karena kemampuannya berlari dan menangkap orang pada setiap game. Ji Hyo mempunyai pasangan loveline di RM, yaitu Kang Gary. Mereka sering disebut Monday Couple (artiny hanya jadi pasangan di pada saat syuting RM di hari Senin).

7. Lee Kwang Soo (Cowok di ujung kiri pake syal merah)
Sering disebut kwangvatar karena tinggi jangkung mirip suku Na'vi di film avatar. Kwanf Soo merupakan member paling junior dan mempunyai sifat penakut sehingga sering banget diremehkan, terutama oleh senior-seniornya. Kwang Soo dan Suk Jin merupakan 2 orang yang dianggap terlemah di game RM dan sering duluan out.. Berdua mereka disebut team Easy Brother..

8. Song Joong Ki (cowok yang pake topi rajut biru di tengah)
Di acara ini Joong Ki dikenal dengan sebutan Flower Joong Ki (karena wajahnya yang menarik). Bersahabat dengan Kwang Soo dan hubungan mereka berdua disebut same-aged friend. Walaupun umur sama tapi Joong Ki dijuluki Brain Joong Ki karena kepinteranny dalam menyelesaikan game, beda banget dengan Kwang Soo yang sering dibully. Sayangnya Joong Ki meninggalkan RM di episode 42 untuk fokus di karir aktingnya.

9. Lizzy (cewek kedua dari kanan)
Lizzy sebenarnya bukan member tetap, tapi lebih sebagai long-term guest, karena awalnya dia muncul di episode 13 sebagai guest. Lizzy dikenal karena keceriaannya. Dia hadir dari episode 15 sampai 25, tapi setelah itu Lizzy meninggalkan RM karena aktivitas After School (grup girlbandnya).
Member-member lini meskipun berbeda-beda sifatnya tapi mereka get along so well which is bikin acara ini semakin menarik..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar